TUTORIAL TIPS DAN TRIK SERVIS PONSEL

TUTORIAL TIPS DAN TRIK SERVIS PONSEL

Jumat, 04 November 2016

Mengatasi android bootloop

Jika pengguna hand phone maupun tablet berbasis android mengalami masalah bootloop, atau bahkan terindikasi mati total janganlah panik. Ban... thumbnail 1 summary
Jika pengguna hand phone maupun tablet berbasis android mengalami masalah bootloop, atau bahkan terindikasi mati total janganlah panik. Banyak solusi yang akan dijabarkan disini dan semoga menjadi suatu panduan dalam mengatasi android bootloop.

Sebelumnya, apa sih bootloop itu?
Bootloop adalah masalah yang bisa saja terjadi untuk handphone maupun tablet yang berbasis android. Dimana masalahnya terdapat pada system operasi, system tidak bisa start up atau masuk ke menu. Indikasi utamanya jika hp atau tablet anda mengalami masalah bootloop yaitu hanya mentok di logo dan kembali restart secara terus menerus jika hp anda dihidupkan.

Jadi, sudah mengerti apa itu bootloop?
Saya jelaskan bootloop secara singkatnya adalah masalah gagal operasi system untuk melakukan start up pada android.
Bootloop pada android terdapat beberapa tingkatan dan solusinya pun berbeda.


Apa saja jenis - jenis masalah bootloop pada android?
Baiklah, saya coba bedakan beberapa masalah bootloop yang umum terjadi dan permasalahannya.

  1. Jika anda mengalami masalah pada saat anda bermain game, melakukan instal aplikasi atau bahkan pada saat menggunakan android anda secara normal tapi tiba - tiba hp android anda dengan sendirinya restart dan hanya berhenti di logo ( stack ), itu merupakan masalah bootloop yang pertama atau biasa dinamakan dengan istilah android light bootloop.
    Cara mengatasinya;
    Cabut battery ( Red. Batre ) hand phone atau tablet android anda dan coba nyalakan kembali.
    Untuk tablet dan hp yang battery ( Red. Batre ) nya di dalam dan di solder harus ekstra sabar karena harus membuka solderan terlebih dahulu
  2. Pada dasarnya manusia mempunyai rasa penasaran. Jika anda pernah mengalami mengutak atik ponsel android dan tiba - tiba hand phone atau tablet anda tiba - tiba hank atau stack tapi masih bisa masuk ke recovery mode itu merupakan kerusakan bootloop tingkat medium atau sering disebut softbrick .
    Cara mengatasinya;
    Jika mengalami bootloop tingkat ini, dibutuhkan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM serta komputer / laptop untuk memperbaikinya. Cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama ( atau download ) saja di internet dengan mudah.
  3. Tingkatan kerusakan bootloop terakhir yaitu hard bootloop atau sering disebut hardbrick (baca android bricked). Kerusakan ini karena corruptnya file system yang terdapat pada android ( OS Android corrupt ). Hal ini bisa saja terjadi karena corrupt dengan sendirinya atau karena kita yang mengutak atiknya. Misalkan pada saat kita melakukan modifikasi file OS android sehingga terjadi tidak bisa booting dan hanya muncul logo android.
    Gagal rooting dan modifikasi script ( misalnya merubah font, partisi external memory, menghapus aplikasi bawaan, salah custom room, dll ) dan paling parah tidak bisa masuk ke recovery mode. Hal inilah yang perlu dipelajari jika anda mengalami kerusakan yang cukup sulit seperti bootloop hard brick.
    Cara mengatasinya;
    Solusi yang paling tepat jika mengalami kerusakan hand phone atau tablet anda bootloop hard brick adalah dengan melakukan software ulang atau flashing
    Flashing yang benar dengan tingkat ketelitian yang tepat serta peralatan yang memadai merupakan syarat utama dalam melakukan flashing untuk masalah ini.

Tidak ada komentar