TUTORIAL TIPS DAN TRIK SERVIS PONSEL

TUTORIAL TIPS DAN TRIK SERVIS PONSEL

Jumat, 04 November 2016

Belajar service hp untuk pemula

Mau belajar service hp hand phone atau tablet phone? Pertanyaan saya untuk meyakinkan anda sebelum membaca dan memahami isi arikel ini, ... thumbnail 1 summary
Mau belajar service hp hand phone atau tablet phone?
Pertanyaan saya untuk meyakinkan anda sebelum membaca dan memahami isi arikel ini, sebab banyak sekali ilmu yang harus dipelajari untuk belajar memperbaiki hp. Ya, disini yang akan dibahas memang cara memperbaiki hp yang rusak atau bermasalah.

Sebelum anda memperbaiki handphone, terlebih dahulu cari tahu apa kerusakan dan penyebabnya. Baru cari solusinya !!!

Apa saja yang diperlukan sebelum melakukan perbaikan hp?
Pertanyaan sepele tapi ini sangat bagus untuk difahami dan menjadi kewajiban yang dimiliki oleh seorang teknisi handphone.
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum disebut teknisi handphone atau tukang service ( Red: servis ). 
Ikuti dasarnya sebelum langsung ketingkat atau level berikutnya.
Step by step, proses yang harus dilalui untuk menjadi pengalaman dan akhirnya mahir dalam melakukan perbaikan hp dan akan disebut sebagai teknisi atau tukang servis.

"bahasa tukang servis saya sebut disini sebagai teknisi handphone, agar ada kesan profesional"

Pertama kali yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perbaikan oleh teknisi handphone adalah ilmu, wawasan dan pengalaman serta beberapa tool atau alat sebagi penunjang dan fasilitas sebelum melakukan perbaikan.

Anda membaca artikel ini Belajar service hp untuk pemula merupakan jalan yang tepat, karena saya selain sebagai blogger, kegiatan saya pun masih sebagai teknisi handphone, jual beli peralatan servis dan lain sebagainya. Silahkan berkunjung juga ke blog alat servis hp untuk anda yang membutuhkan peralatan untuk melakukan perbaikan.

Lanjut ke pembahasan belajar service hp untuk pemula
  1. Sering - seringlah belajar mengenai perbaikan handphone ( membaca, bertanya, praktek ).
  2. Berani memulai 
  3. Disiplin, Syukuri dan kembangkan yang anda bisa
Tiga unsur itu merupakan yang harus dimiliki oleh siapapun, terutama untuk seorang teknisi. Saya tidak akan menjelaskannya kenapa dan bagaimana dengan ke-3 hal tersebut, karena saya yakin anda sebagai insan manusia yang normal akan memahami maksud dan tujuannya.

Ada 3 unsur dasar yang bisa dipelajari dan juga direncanakan sebelum anda benar - benar ingin mempelajari servis hp.
  1. Perbanyak pengetahuan
  2. Siapkan peralatan
  3. Action atau mulailah melalukan perbaikan
Saya jelaskan apa saja dan bagaimana maksudnya ketiga unsur tersebut
Perbanyak pengetahuan dan ilmu anda. Ilmu sangat banyak sumbernya apalagi sekarang dunia sudah dirasa tak terbatas karena adanya internet. Coba gabung dengan forum - forum yang ada hubungannya dengan perbaikan hp. Jika anda mempunyai banyak referensi dan pengetahuan yang mumpuni maka anda akan merasakan kemudahan pada saat nanti anda menemukan masalah yang susah dipecahkan dalam melakukan perbaikan hp dengan orang - orang yang lebih tinggi ilmunya.

Siapkan peralatan yang wajib dan sesuaikan dengan kebutuhan untuk keberlangsungan anda dalam melakukan perbaikan.
Peralatan yang wajib dan standar yang saya maksud seperti;
  • Obeng set ( harus mempunyai obeng dengan berbagai ukuran dan bentuk ). Harus yang bagus dan juga awet biar bisa dipakai lama.
  • Solder; saya anjurkan menggunakan solder yang bagus. Alasannya karena memang solder banyak merk dan jenisnya, tetapi pemilihan solder yang tepat merupakan cara yang baik sebelum anda membeli. Misalkan menggunakan solder station ( solder yang suhunya bisa di atur dan tip atau mata soldernya bisa diganti yang berbentuk pisau atau lancip ) tentunya dengan part tip solder yang mudah dicari dan banyak di pasaran.
  • Alat ukur; gunakan alat ukur yang bagus. Akurasi pengukuran dalam melakukan perbaikan hp sangat berpengaruh terhadap kinerja sebagai teknisi.
Peralatan penunjang lainnya seperti Blower / heater, PSU power supply, pinset, pencongkel kesing, penjepit PCB, penerangan, lup atau lampu, meja kerja, merupakan hal yang tak kalah penting yang harus anda siapkan.

Jika semuanya sudah siap atau anda yakin dan percaya diri bisa untuk melakukan perbaikan hp, maka langkah selanjutnya adalah mencoba dan yakin bisa bahwa anda dapat melakukan perbaikan hp dengan baik dan benar.

Jadi, intinya belajar memperbaiki hp untuk pemula itu sangat simple dan mudah asal ada keberanian dan niat yang positif.
Itulah dasar saya ketika saya belajar memperbaiki handphone dengan otodidak

Tidak ada komentar

Posting Komentar